Minggu, 27 Desember 2015

D-I-E-T Kata Saya


Oleh : Seira Maulidina



"Pengertian Diet berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan biasanya dilakukan atas petunjuk dokter atau konsultan"

Syalalala lalala .... diet :p aduh sensitif ya, apalagi buat saya, terus terang kalau secara fisik saya memang memiliki kelebihan (kelebihan lemak) hahahhaha... :D

Ini bukan pembelaan ya, tapi saya memang terlahir dengan struktur tulang yang besar, bahkan saat masih SMP tante-tante saya pernah menebak dengan melihat ukuran jemari saya yang gempal & besar, pasti cincin kawin saya akan lebih dari calon suami saya, daaannn itu benar lho.

Memiliki tubuh dgn struktur tulang yg besar memang repot, krn BB naik 1-2kg saja langsung terlihat. Cetar membahana deh saya ..hahaha
Mulai smu saya mengenal yg namanya obat diet, saya bisa minum obat diet sebanyak-banyak dan makan tidak teratur, semua saya lakukan tanpa sepengetahuan ortu. Dan akhirnya saya harus di opname karena typus, tapi semua menduga karena hobi jajan sembarangan

Masih belum kapok ... saya lanjut lagi,kali ini dengan obat diet yang memiliki dosis tidak aman, sindiran-sindiran kecil dari lingkungan sekitar saya tentang badan saya yang gemuk makin memicu niat saya untuk berdiet dengan asal.
Akhirnya....terbaring lagi diranjang rumah sakit, kali ini karena infeksi kandung kemih akut, karena kekurangan cairan dan sistem imun yang drop. Nah dari sini ortu saya mulai curiga deh,hehehe dasar anak ABG ... masih aja bisa bohong (ampuun deh Sei)
Dibangku kuliah .... masih dengan hasrat langsing yang over, saya cari jalan lain, kali ini dengan mengkonsumi obat pencahar dengan dosis 2x lipat, digabungkan dengan makan irit. Akhirnyaaaaaa .... typus lagi deh, aiihh bandel kok ampe kuadrat sih Sei :(

Akhirnya masuk fase menikah, cihuuyy bertemu pasangan jiwa kece yg menerima saya apa adanya, baik secara fisik & psikis. Amaaann deh saya, bisa merasa cantik setiap saat..hihi.
Laluuu ... hamil anak pertama, wow banget! BB naik 35kg ... hampir 100kg berat saya, ampuuunnn.....

Karena menyusui saya punya alasan untuk tidak diet :) hihi bisa aja ya saya ... akhirnya setelah anak saya usia 5th, saya mulai diet lagi. Tapi tenang kali ini sudah insyaf kok, saya mulai memadukan diet sehat dengan puasa sunah. Iihhh ciamik deh, dalam 1 bulan saya turun 9kg ...ehem eheemm

Eehh baru langsing, alhamdulillah diberi rejeki anak ke 2, tapi karena kondisi fisik yg cape, BB saya hanya naik 12kg, jd aman. Tapi selama menyusui ... hehe laper teruuussss deh; jadiii.. ya naik lagi deh BB
Sekarang anak kedua saya berusia 4th dan BB saya masih masuk kategori overweight. Dan saya masih berjuang untuk melakukan diet sehat sambil melawan hasrat makan yang kadang tdk terkendali

Tapi saya ingat nasihat dokter gizi yang saya kunjungi, beliau pesan :
Diet itu bukan hanya untuk orang gemuk saja,tapi untuk mereka yg kurus.
Karena diet yg benar & baik bukan hanya untuk menjadi kurus (itu bonus), tapi untuk menjadi sehat (niat & tujuan utama)

Usia memang ditangan sang pencipta,tapi kalau kita bisa merawat tubuh pemberianNYA dengan menjadi sehat, pastilah barokah. Semoga dengan sehat, saya bisa melihat anak-anak saya tumbuh dewasa, bahkan melihat cucu-cucu saya kelak. Aamiin

Jadiii ... yuuukkk mariiiii kita mulai hidup sehat, olahraga teratur (big note buat saya) ... sebagai bentuk menghargai pemberian ALLAH dan sbg bentuk usaha baik kita untuk bisa hadir seacra sehat dikehidupan orang-orang yang kita cintai

Aamiin ... semangattt!!!

Be healthy, be happy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar